4

bersuar

putar, putar, berputar
lebar, lebar, melebar
kelar, kelar, keluar !
gelar !
samar !
bangkar !

*ditulis saat keadaan jangar

kebahagiaan mahasiswa masa kini

"Jarkom, mata kuliah untuk besok ditiadakan, karena dosennya berhalangan datang", Yaowoh ciyus ? miapah ? enelan ? hahahaha dapet kabar kalo besok gak ada kuliah gitu rasanya kaya gak kuliah besok :/ para mahasiswa bersorak-sorai, lalalalalala yeyeyeyeye :e sebagai mahasiswa yang biasa-biasa aja, saya merasa senang pas baca jarkoman kaya tadi :P ada beberapa hal lagi yang membuat para mahasiswa umumnya terlihat bersorak-sorai itu ketika :

Dosen gak masuk
Seperti jarkoman tadi di atas, misal dosen tidak hadir karena berhalangan, entah ada keperluan mendadak, ada rapat, sampai sakit sekalipun yang menyebabkan dosen tidak dapat masuk kelas, sepertinya ada rasa senang yang menyelimuti para mahasiswa yang dilanda banjir tugas "Horeee liburrrr!" iya gak ? iya kan ? iya dong ? hahaha

Gak jadi UTS / UAS
Sama halnya dosen gak masuk, bisa jadi UTS dan UAS gak jadi atau diundur. Para mahasiswa mulai mengeluarkan yel-yelnya "lalallalalla yeyeyeyyeye" :party . eits, ini gak semua mahasiswa yang ngerasain senang berbunga-bunga, ada juga yang ngerasa sedih, karena sia-sia aja ngapalin bahan buat ujian ampe begadang, ampe apal dan ngerasa udah yakin buat ujian besok, tapi harapannya dihempaskan begitu saja ketika ujian pun ditiadakan, ilang semua hapalan yang semalem itu, cukup bilang "selamat yah" 8)

Pulang cepet
Pulang sebelum jam pulang itu asik ! udah itu aja...

"Horeee Pulaanggg !" dasar kalian maunya apa coba :vD
0

November !

Mau nulis ih, udah lama gak nulis di blog *pukpuk blog*. udah 7 bulan gak nulis, 2 bulan lagi lahiran deh nih blog. muehehehe...hmm kebetulan banget sekarang awal bulan, serasa punya semangat baru gitu *cieelaah. da anak kost mah semangatnya awal bulan :| tapi semangat itu seketika pudar saat teringat denganmu oh tugas. kau datang bertubi-tubi, tapi da angger weh ngerjakeunna ge SKS, Sistem Kebut Semalam, karena itu menyenangkan, memacu adrenalin gitu, iya gak ? iya kan ? >:) sampe kelupaan kalo minggu ini musim UTS gara-gara mikirin tugas, ih kamu mah manja maunya dipikirin teyus :| tapi udah mulai kerasa nih semester lima, tugasnya tambah uWOW *huft lupakan sejenak tentang tugas.
*away*
3

Sinopsis Drama "Mait Idup"

Tugas Mata Kuliah Kajian Drama Indonesia. Yah, tugasnya memang mendadak. Naskah dramanya saja baru saya baca satu kali. Tapi harus sudah dikumpulkan besok, harusnya tadi dikumpukan, tetapi banyak yang belum siap sama tugasnya juga. Tugas oh tugas...Kalau sudah mengerjakan tugas, mata cepat ngantuknya, dibandingkan dengan bermain game. Yah ngantuk deh, ini sinopsis seadanya. hahahaha...Betewe betewe, yang jadi mait idupnya punya nama sama seperti saya 'Gie' . Lalu ? #abaikan

Sinopsis Drama “Mait Idup” Karya Kwee Tek Hoay

Di daerah Jawa Kulon, seorang saudagar kaya bernama Tjung Khik Phok yang mempunyai anak laki-laki bernama Tjung Yang Bwe. Tjung Yang Bwe anak yang nakal, keras kepala, dan pergaulannya bebas. Akibat pergaulan bebasnya ia mengidap penyakit sifilis. Dr.Trusty, dokter yang menangani Tjung Yang Bwe, berpesan agar Khik Phok menjaga keras Tjung Yang Bwe untuk melarang begadang, memakan makanan pedas, meminum minuman alcohol, dan jangan bergaul dengan perempuan sembarangan. Sebelum penyakitnya sembuh. Tjung Yang Bwe mempunyai keinginan untuk menikah, tetapi itu dilarang oleh Dr. Trusty dan Ayahnya, karena itu dapat menyebabkan keturunan yang cacat, tidak sehat. Tetapi Tjung Yang Bwe tidak percaya dan menghiraukan apa kata Dr. Trusty, ia tetap berkelakuan nakal, keluar malam, minum-minuman alkohol, dan bergaul dengan perempuan sembarangan. Melihat tingkah laku anaknya yang tak terkendali, Tjung Khik Phok membiarkan Tjung Yang Bwe menikah dengan Liauw Nio yang menjadi ibu dari Lian Gie. Lian Gie, satu dari delapan anak dari Tyung Yang Bwe dan Liauw Nio yang masih hidup, yang lainnya cacat dan meninggal. Walau begitu Lian Gie pun sering sakit-sakitan, fisiknya lemah. Lian Gie mempunyai tunangan bernama Liesye. Liesye seorang gadis yang menerima Lian Gie apa adanya walaupun Lian Gie tidak berguna, sering sakit-sakitan seperti mayat hidup. Awalnya Lian Gie mengira karena harta ayahnya Lian Gie sering sakit-sakitan, sebab dua orang kuli desa yang ditemuinya di Vila itu mempunyai fisik yang kuat, walau harus berpanas-panasan di sawah, dan memakan-makanan yang tidak layak menurut Lian Gie, berbeda dengan Lian Gie yang berkehidupan berkecukupan tetapi mempunyai fisik yang lemah. Lian Gie berpikir ingin menjadi seperti dua orang kuli desa itu, tetapi, Tjung Yang Bwe, Liauw Nio, dan Liesye melarangnya. Akhirnya Liesye mengatakan penyebab Lian Gie sakit karena ayahnya yaitu Tjung Yang Bwe yang menurunkan penyakit sifilis padanya. Lian Gie marah pada ayahnya. Lian Gie tidak ingin menjadi seperti mayat hidup lagi. Ia menulis surat yang berisi, “untuk keberuntungan dan kebaikan Liesye, kemajuan bangsa kita dan keselamatan manusia, saya menyingkir dari dunia ini ! Selamat tinggal papa, mama, Liesye!” dan menembak kepalanya sendiri di hadapan Tjung Yang Bwe yang saat itu shock melihat anaknya bunuh diri di hadapannya, Tjung Yang Bwe tak sadarkan diri selamanya.
2

public area

Sedang malas menulis dan membaca...

klik untuk memperbesar

Kutipan hari ini : jangan berharap berlebihan, intinya sabar yang terbaik untuk saat ini.

rumah penyu - beach theme

klik gambar untuk memperbesar
0

psikolinguistik & problematik bahasa Indonesia

Problematik bahasa, saya tertarik dengan mata kuliah yang baru-baru ini ada di semester genap sekarang. Baru mempelajari tentang dikotomi mazhab analogi vs anomali.

Problematik bahasa Indonesia muncul karena variasi latar belakang bahasa pertama dari penutur bahasa Indonesia. Bahasa pertama berpengaruh dalam bahasa kedua. Indonesia terdiri atas bahasa daerah / bahasa pertama yang berbeda. Karena keadaan yang seperti ini menjadikan bahasa Indonesia menjadi lingua franca untuk berkomunikasi. Situasi kebahasaan seperti ini menimbulkan variasi kebahasaan yang menjadi problematik dalam bahasa Indonesia

Analogi vs Anomali
  • Analogi : kesepadanan antara bentuk bahasa yang menjadi dasar terjadinya bentuk lain (keteraturan bahasa)
  • Anomali : penyimpangan atau kelainan, dipandang dari sudut konvensi gramatikal atau semantis suatu bahasa (ketidakaturan bahasa)

  • jika, me(N)- + K, P, T, S (luluh)
Contoh :

  • K : me(N)- + kawal = mengawal
  • P : me(N)- + pukul = memukul
  • T : me(N)- + tarik = menarik
  • S : me(N)- + siram = menyiram
Contoh di atas merupakan analogi (keteraturan bahasa)

Sedangkan, contoh anomali :

Kata-kata yang sudah akrab di masyarakat "mempunyai", "memposisikan", "mempesona", "mempopulerkan", contoh tersebut merupakan anomali (ketidakaturan bahasa).

Seharusnya jika menggunakan konsep analogi :
  • mempunyai = memunyai
  • memposisikan = memosisikan
  • mempesona = memesona
  • mempopulerkan = memomulerkan

Harusnya huruf 'p' luluh . Terjadi anomali karena kebiasaan masyarakat, belum terbiasa dengan keteraturan bahasa.

Asimilasi : peleburan atau peluluhan

Kluster : bertahan / tidak pernah luluh, contoh :
  • mempraktikkan
  • mentraktir
  • memproklamasikan 
Untuk  Psikolinguistik :
2

fantasi (2)


0

fantasi

0

menjelang siang

Kuliah pagi sampai siang tanpa jeda istirahat, saat jam-jam terakhir perkuliahan, saat menjelang siang, kursi mulai goyang-goyang, perut pun ikut berdendang, ingin cepat pulang, tulisan di papan tulis bikin mabuk kepayang dan di saat bosan mencatat, terjadilah gambar-gambar absurd di bawah ini yang tergambar di binder halaman belakang ---sudah tradisi--- :
 



6

kecil ^_^

(kiri-kanan) kakak kedua & saya :$

Tadi 11 jam yang lalu, Mamah ngirim foto ini di facebook. Hihi....udah lupa kapan foto ini diambil. Senyum-senyum sendiri ngeliat foto ini. Makan es krim sampe monyong-monyong gitu :r . Waktu kecil ga pernah panjang rambutnya, makanya kaya cowok gitu, terus itu poni masih setia sampe sekarang xD

masa kecil yang menyenangkan kakak :)

2

secuil cerita tentang (bukan) cinta

secuil cerita tentang (bukan) cinta
4

semoga

Tidak terasa sekarang saya sudah ada di semester 4, hampir 2 tahun jadi mahasiswa. tapi tulisan di blog ini seperti bukan tulisan mahasiswa ya. hahaha
Dan sepertinya semester ini bakal disuguhi dengan penelitian-penelitian dan setumpuk makalah penelitian. huft~
Selain itu kebanyakan tugasnya individual tidak berkelompok lagi (setidaknya lebih baik), benar-benar harus belajar mandiri lagi di semester ini.
Hmm...semoga saya bisa melalui semster sekarang dengan lancar tanpa aral melintang. Semoga...
Semester depan semoga saya masuk linguistik dengan mudah. mudah-mudahan...
Saya ingin belajar bahasa dengan baik, bahasa apa pun itu.
Jadi mulai sekarang berhentilah melakukan hal-hal yang tidak berguna ! Ya akan saya kurangi bermain game, semoga penyakit malas saya hilang . Semoga...
Oh iya, untuk saat ini blog masih berisi tulisan-tulisan saya yang aneh. semoga tulisan di blog saya tidak membuat yang membaca geleng-geleng kepala seperti penyanyi cilik bolo-bolo sambil berdecak ckck, lalu membanting laptopnya karena tulisan saya yang aneh, saya mohon jangan lakukan itu demi saya. Semoga blog saya aman dibaca untuk semua umur.

Semoga semoga semoga...

nb : #HappyBirthdayKyuhyun 생일 축하합니다. 건강을 유지! 사랑해요 ♥ 규현 oppa

3

ini pilihan !

liburan kemana nih ?
setiap denger atau ngeliat pertanyaan itu, rasanya pengen bershower sambil goyang gayung deh . apalagi kalo jawabnya gini sambil tersipu malu (malu-maluin iya)
ga kemana-mana nih.
rasanya itu susah diungkapkan dengan kata-kata *halah. ya pokoknya gitu deh, liburan ga kemana-mana itu bagai , malam minggu tanpa pacar . iissshh *gigitshower
2

errrr....

jam karet tau ? ngadepin orang yang jam karet gimana ya ? cape hati ngadepinnya. janji jam 7 dateng jam 10 . najis ! ini bukan sekali dua kali. berkali-kali , ratusan ? lebih... (maaf terlalu mendramatisir) ga bisa di andelin, mau minta bantuan malah bikin badmood ! arggghhh, sabar juga ada batasnya ! pengen punya seseorang yang bisa di andelin , ga butuh jam karet lagi !! arggh sakit , nyeri hate nyaho !!! hari ini bener-bener moodnya ga enak ! gara-gara tamu bulananan juga, emosi bawaannya ! mau teriak di pantai ! kenapa di pantai ? yaiya masa di pasar , ngaco ! tapi ga ada yang ngajak ke pantai , sedih lagi. *makan shower*
udah ah, atuatiteyutna , hiks...
3

suka suka suka ! :3

warna merah



suka banget warna merah lucu gitu :L , dari mulai binder, dompet, buku catatan, pulpen, sampe tas laptop, gambarnya apa aja yang penting merah tapi semoga nilai UAS saya ga merah :3 #eaa

The sims social 


 bukan suka lagi ini sih, tapi udah kecanduan maen game ini, pokoknya bisa berjam-jam di depan laptop cuma maen game ini, awalnya penasaran sama game ini eh malah keasikan :3 huehehe

Cho Kyuhyun


5 kata buat akang kyu : cakep, ganteng, lucu, jail, bocah :L :k

segitu dulu deh post pertama di taun 2012, nyahahahaha xD . dadah dadah mau maen game dulu ama akang kyu ^_^/


Back to Top